"We don't KNOW what we THINK until we SEE what we SAY" (Clifford Geertz)

Peti Jenazah “Hasi Nifolasara”

Peti Jenazah ‘Nifolasara’ ini dibuat oleh anggota sanggar seni Tagusö dari desa Hilinawölö  Fau, Nias Selatan untuk sebuah pertunjukan ‘Prosesi Agung Penguburan Bangsawan’ dalam festival pariwisata di Gunungsitoli. Dihibahkan oleh Sanggar Seni Tagusö kepada Museum Pusaka Nias pada tahun 1999.

Peti jenazah seperti ini hanya ditemukan di Telukdalam, Nias Selatan dan hanya dipakai oleh para bangsawan yang meninggal. Kepala monster naga pada peti jenazah itu menyerupai bentuk anjungan perahu naga. Hal ini juga tercermin dari namanya yaitu ni-fo-lasara = seperti kapal. Untuk bangsawan perempuan tidak diberi jambang dan kumis. Sementara untuk bangsawan laki-laki biasanya diberikan.

Dahulu, di Nias Selatan, jenazah tidak dikubur. Peti jenazah ini tidak dikubur seluruhnya, akan tetapi kepala peti mayat masih muncul di atas permukaan tanah. Maksudnya agar mudah mengetahui bahwa di lokasi tersebut ada kuburan bangsawan. Dewasa ini dikubur seluruhnya, kemudian di atasnya dibuat kepala naga dari semen, sebagai tanda bahwa kuburan itu milik bangsawan.

Pjg: 271 cm / Lbr: 48,5 cm / Tgg: 106 cm


GALERI KOLEKSI

Museum_pusaka_nias_koleksi_widget