Pameran

Museum Pusaka Nias adalah satu-satunya museum di Pulau Nias dan memiliki koleksi sebagian besar benda-benda yang berkaitan dengan budaya dan sejarah Nias. Pameran menampilkan benda-benda yang penting dari koleksi dan bertempat di empat paviliun besar. Pameran ini terbuka untuk umum setiap hari dan menawarkan pengenalan secara mendalam terhadap budaya asli dan sejarah Pulau Nias. Pameran menampilkan rangkaian lengkap dari perhiasan yang dikenakan oleh bangsawan, senjata, perlengkapan perang dibuat dari kulit buaya, peralatan memancing tradisional, peralatan berburu dan perlengkapan pengayauan, ukiran kayu yang digunakan dalam pemujaan leluhur, gendang khusus untuk upacara, peti jenazah dengan kepala naga, dan skala cantik model-model rumah tradisional.

Untuk memahami sejarah, makna dan fungsi dari setiap pameran, tersedia label dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Banyak artefak besar seperti batu megalit dan rumah-rumah adat yang asli dari berbagai wilayah Nias dapat ditemukan di taman sekitar ruangan pameran.

Sejak dibuka pada tahun 1995 Pameran Museum Nias telah menjadi pusat komunitas seni dan budaya Nias. Sebagai satu-satunya tempat pengumpulan koleksi sejarah budaya Nias, Museum Pusaka Nias telah menjadi ikon dan referensi bagi pengunjung yang tertarik untuk melihat dan belajar tentang kekayaan budaya pulau ini. Museum diakui sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia dan pada tahun 2014 pendirinya menerima penghargaan untuk “Pelestari Cagar Budaya Terbaik” dari Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia.

Staf yang bekerja di pameran memiliki banyak pengetahuan tentang budaya Nias dan artefak yang dipamerkan. Ada pemandu yang tersedia dalam Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk tur kelompok-kelompok dan panduan pribadi atau kunjungan khusus, silakan hubungi Museum pada jam kerja.

Jam Buka:

Senin – Jumaat 08.00 to 17:00
Sabtu 08:00 to 16:00
Minggu 12:30 to 17:30

Harga Tiket:
Adult Rp 5000
Child Rp 2000

BACA LEBIH LANJUT TENTANG ATRAKSI KAMI YANG LAIN:

PAMERANMUSEUM CAFÉMINI ZOOPENGINAPANRUANG PERTEMUANTAMAN REKREASIPERPUSTAKAAN


© Yayasan Pusaka Nias 2017. Design by Björn Svensson & Shanti Fowler