Perpustakaan

Museum Pusaka Nias beroperasi perpustakaan yang mengkhususkan diri dalam buku-buku tentang budaya dan sejarah, terutama tentang warisan Nias. Ada juga berbagai buku lain yang berguna dan menarik. Perpustakaan Museum ini terbuka untuk umum dan telah menjadi referensi yang penting bagi siswa lokal dan para peneliti yang mengunjungi.

Awalnya, koleksi perpustakaan ini hanya disimpan dalam satu lemari, itupun kebanyakan hasil fotokopi dan berbahasa Jerman. Lembaran dan buku-buku tersebut di inventarisir dan pelihara sehingga sekarang masih bisa dipergunakan. Kini, jumlah buku koleksi perpustakaan ini bertambah terus, bukan hanya buku-buku tentang Nias dari berbagai sudut ilmu, tetapi juga buku-buku tetang ilmu pengetahuan yang lain. Sekarang ini ada 1130 judul buku. Khusus buku-buku tentang Nias sebanyak 328 judul buku. Pengelola perpustakan terus berupaya mencari dan mengumpulkan literatur untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung.
Setiap orang bisa menjadi anggota dan memanfaatkan perpustakaan ini. Syaratnya: menyumbangkan satu buku atau membayar uang keanggotaan. Bagi mahasiswa/pelajar Rp. 25.000. Sedangkan masyarakat umum sebesar Rp. 30.000

Agar buku-buku tidak hilang dan rusak, maka para pengunjung tidak diperkenankan membawa buku-buku ke luar atau ke rumah. Buku boleh difotokopi melalui petugas perpustakaan. Buka dari Senin – Jum’at pada jam kerja (jam 8 pagi – jam 5 sore). Tutup pada Hari Sabtu dan Minggu.

Perpustakaan ini telah menjadi fasilitas publik terutama para pelajar dan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mau mencari informasi tentang masyarakat Nias dan budayanya, perpustakaan ini menanti anda.

BACA LEBIH LANJUT TENTANG ATRAKSI KAMI YANG LAIN:

PAMERANMUSEUM CAFÉMINI ZOOPENGINAPANRUANG PERTEMUANTAMAN REKREASIPERPUSTAKAAN


© Yayasan Pusaka Nias 2017. Design by Björn Svensson & Shanti Fowler