Museum_pusaka_nias_lodges_logoNias Museum Lodges - Penginapan

Museum Pusaka Nias menawarkan pengunjung kesempatan unik untuk menginap di sebuah rumah adat Nias yang terletak di kompleks museum. Rumah-rumah ini adalah bangunan asli dengan gaya 'Omo Hada' yang telah dipindahkan ke Museum dan diperbaharui dengan fasilitas modern untuk meningkatkan kenyamanan. Bangunan-bangunan ini sangat populer dengan wisatawan dan peserta pertemuan di Museum.  Ada empat rumah adat, dua rumah modern serta sebuah rumah tamu yang lebih sederhana yang tersedia untuk pengunjung yang mau bermalam.  Penginapan tamu semua terletak di taman museum yang indah yang juga termasuk akses ke pantai berpasir. Ada sebuah rumah makan di lokasi ini serta Wifi gratis untuk tamu yang menginap dan keamanan sekitar jam.

Cerita latar belakang

Berawal dari keprihatinan dan keinginan untuk melestarikan rumah adat Nias yang terus menerus berkurang jumlahnya, kini telah berdiri empat jenis rumah adat Nias di Museum Pusaka Nias yaitu rumah adat Laraga, rumah adat Bawölato, rumah adat Bawöganöwö dan rumah adat Ulu Noyo. Selain itu, ada juga bangunan lain yang terbuat dari kayu dan terdiri dari beberapa kamar yang awalnya direncanakan sebagai basecamp para tukang.  Namun pada saat gempa (2005), kamar-kamar ini sangat digembari oleh para pekerja NGO dari dalam dan luar negeri, karena merasa aman jika terjadi gempa dan juga didukung oleh lingkungan yang sejuk di bibir pantai.

Lama-lama, biaya pemeliharaan bangunan ini sangat memberatkan. Atap harus diganti setiap 3 tahun dan sebagainya. Karena itu pengelola Museum Pusaka Nias memutuskan untuk mengakomodasi permintaan para tamu untuk menginap dan menikmati rumah-rumah adat Nias ini.

museum_pusaka_nias_penginapan_staf

Staf Housekeeping kami ramah dan membantu. Pada tahun 2016 beberapa staf telah ke Bali untuk pelatihan pekerjaan keramahtamahan.

Usulan berbagai pihak itu ditampung. Maka rumah-rumah ini disediakan bagi siapa saja yang berkunjung ke kota Gunungsitoli dan Pulau Nias. Museum Nias Lodges namanya.  Anda menginap disini, berarti anda telah berpartisipasi melestarikan budaya Nias dan membantu keberlangsungan Museum Pusaka Nias.

Akomodasi Penginapan

Rumah Tradisional: semua rumah memiliki kamar tidur dan ruang tamu besar di depan. Ada dua tempat tidur di setiap rumah. Atas permintaan, kasur-kasur tambahan dapat ditambahkan untuk keluarga atau kelompok teman-teman.  Untuk tidur lebih dari lima orang di setiap rumah, silakan mendiskusikan harga dengan kami.

Museum_pusaka_nias_penginapan_laragaLodge Rumah Adat Laraga disingkat (RAL). Rumah ini berbentuk lonjong dari Nias Utara. Semua bahannya dari kayu dan atapnya daun rumbia. Tentu aman dari hawa panas dan aman dari bencana gempa bumi. Punya ventilasi yang cukup, sehingga sirkulasi udara cukup tidak perlu AC. Dilengkapi dengan kipas angin. Ada ruang tamu, TV, dispenser dengan air galon. Satu kamar dilengkapi dengan dua ranjang. Kamar mandi tersendiri (berada di luar rumah, tapi berdekatan dengan rumah). Ada dapur. Bila dapur hendak dimanfaatkan dipesan terlebih dahulu.

Harga Rp 300.000 per malam termasuk Wifi & sarapan untuk dua orang.


Lodge Rumah Adat Bawölato (RAB), bentuknya persegi empat dari Nias Tengah. Satu kamar tidur dengan dua ranjang. Ada ruang tamu. Kamar mandi tersendiri (berada di luar rumah, namun sangat dekat dengan rumah). Berada di bibir pantai. Punya ventilasi cukup, tidak perlu AC. Dilengkapi dengan kipas angin, TV, dispenser dengan air galon.

museum_pusaka_nias_penginapan_bawalato

Harga 300.000 per malam termasuk Wifi & sarapan untuk dua orang.


Museum_pusaka_nias_penginapan_bawoganowoLodge Rumah Adat Bawöganöwö (RABA), salah satu versi rumah adat Nias Selatan. Satu kamar tidur dengan dua ranjang. Ada ruang tamu. Kamar mandi tersendiri (berada di luar rumah, namun sangat dekat dengan rumah). Berada di bibir pantai. Punya ventilasi cukup, tidak perlu AC. Dilengkapi dengan kipas angin, TV, dispenser dengan air galon.

Harga Rp 300.000 per malam termasuk Wifi & sarapan untuk dua orang.


Lodge Rumah Adat Ulunoyo (RAUL), salah satu versi rumah adat di Nias Tengah. Ventilasi cukup sehinga sirkulasi udara memadai.Ukuran 7 x 5 m. Ada AC, dua ranjang, TV, kipas angin dan dispenser dengan air galon. Kamar mandi tersendiri dan berada di luar Lodge, namun sangat berdekatan dengan rumah. Ada dapur bagi yang mau memasak dan tinggal agak lama.

Museum_pusaka_nias_penginapan_ulunoyo

Harga Rp 350.000 per malam termasuk Wifi & sarapan untuk dua orang.


Penginapan Omo Zotomo mempunyai 6 kamar di dalamnya. Ada 2 kamar ukuran 4 x 3 m dan ada 4 kamar ukuran 3 x 2,80 m. Setiap kamar ada satu ranjang dan ada juga yang dua ranjang. Ada toilet dan kamar mandi di koridor. Ada juga dapur sederhana di mana para tamu dapat menyiapkan makanan sederhana  untuk sendiri.

museum_pusaka_nias_penginapan_omo_zotomo

Harga Rp 70.000 untuk kamar single, Rp 100.000 kamar doble . Harga termasuk wifi dan sarapan.


Ada dua rumah ‘modern’ yang sering digunakan untuk sewa jangka panjang karena lebih luas dan termasuk fasilitas dapur .

Museum_pusaka_nias_penginapan_omofafaRumah Omo Fafa, adalah sebuah rumah kayu dengan satu kamar tidur dan satu ruang tamu . AC di setiap kamar. Ada dapur,kulkas dan kipas angin . Kamar mandi tersendiri dan berada di luar, namun sangat berdekatan dengan rumah.

Harga Rp 350.000 per malam . Diskon 30 % untuk sewa bulanan.


Museum_pusaka_nias_penginapan_omobawaRumah Omo Bawa, adalah sebuah bangunan semen besar dengan 3 kamar tidur, 1 kamar tamu, 1 kamar makan dan 3 toilet(gaya Indonesia ) dan kamar mandi . Mempunyai dapur sendiri yang lengkap dengan kulkas dan kompor dan juga mempunyai  taman pribadi di samping rumah.

Harga Rp 500.000 per malam. Diskon 30 % untuk sewa bulanan.


Untuk pemesanan, silakan hubungi;

Email: museumniaslodges@gmail.com

HP: 0823 6469 5252 atau

HP: 0812 6490 4744


 

FASILITAS MUSEUM

museum_pusaka_nias_atraksi_pameran

PAMERAN. Menampilkan contoh-contoh penting dari koleksi artefak Museum Pusaka Nias.

museum_pusaka_nias_atraksi_cafe

MUSEUM KAFÉ. Menyajikan minuman, makanan ringan dan pilihan hidangan lezat.

museum_pusaka_nias_atraksi_zoo

MINI ZOO. Ada binatang-binatang mamalia, reptil dan burung asli Pulau Nias.

museum_pusaka_nias_atraksi_ruang_pertemuan

RUANG PERTEMUAN.  Empat jenis ruangan sesuai untuk pertemuan, pelatihan dan perayaan.

museum_pusaka_nias_atraksi_taman

TAMAN REKREASI. Termasuk kebun tanaman obat tradisional dan tempat aman untuk mandi di laut.

museum_pusaka_nias_atraksi_perpustakaan

PERPUSTAKAAN. Kumpulan lebih 700 judul literatur tentang Nias.


KOMENTAR TAMU

Kamar yang adem, dengan panorama indah dan rasa damai. Staff yang ramah dan rajin.

Sambutan dan pendaftaran ramah. Kamar cukup menyenangkan.

Staff ramah, mau membantu, cepat dan tanggap. Kamar bersih, terawat dan unik. Museum yang unik dan bagus. Salah satu museum terbaik yang pernah saya lihat.

Kami cukup menikmati senangnya menginap di rumah kayu. Kompleks nya sejuk dan pemandangan indah dan penginapan dapat terjangkau oleh pengunjung.

Banyak sapa dan senyum dari semua staf. Kamar sangat original, bebas nyamuk dan kamar mandi bersih.

Staf baik dan sangat membantu. Pelayanan baik. Kamar bersih dan makanan enak.

Staf yang sangat bagus untuk menjelaskan fasilitas yang ada dengan informasi yang pas. Model penginapan rumah adat sangat luar biasa dan saya suka sekali.

Sudah sering menginap di sini. Pelayanan di sini sangat bagus, ramah dan santun.

Untuk kamar standar sudah sangat baik. Staf yang ramah. Pemandangan alam baik. Harga masih sangat terjangkau.

Menurut penilaian saya penginapan di Museum sangat baik. Staf baik dan ramah pada tamu yang berkunjung.

Staf yang ramah dan bersahabat. Kamar yang unik dan tenang.

Staf yang sopan dan kekeluargaan. Rumah adatnya sangat bagus dan unik.

Penerimaan dilakukan dengan baik. Kamar dalam kondisi bersih dan rapi. Keramahan dan sapa yang sopan. Staf yang suka membantu.

© Yayasan Pusaka Nias 2017. Design by Björn Svensson & Shanti Fowler