Museum_pusaka_nias_taman_rekreasi_logoTaman Rekreasi

Selain dari pameran, Museum juga terkenal untuk taman yang indah dan daerah rekreasi. Sejak berdirinya pada tahun 1991, Museum memiliki taman rekreasi yang lambat laun semakin dibenahi. Kebun binatang kecil (mini zoo) sangat populer dengan orang-orang lokal dan juga melayani tujuan pendidikan. Fitur lain dari kebun termasuk kolam ikan, taman bermain anak-anak dan tempat piknik.

Halaman tertutup museum memiliki pandangan menghadap ke laut. Berenang dan bermain di laut adalah kegiatan populer untuk pengunjung. Sebenarnya Museum menawarkan salah satu dari beberapa daerah yang bersih dan aman untuk berenang di Gunungsitoli. Ada dermaga untuk perenang untuk menyelam ke dalam air yang lebih dalam, dan juga pantai dengan air dangkal untuk anak-anak. Ada juga beberapa kolam terlindung dan dangkal untuk anak-anak yang kecil. Dekat pantai dan taman bermain anak-anak ada beberapa perosotan air.

museum_pusaka_nias_taman_rekreasi_3

Taman dan kebun di sini adalah tempat yang bagus untuk bertemu teman-teman untuk minum kopi atau berpiknik bersama keluarga. Ada banyak tempat duduk luar dan pondok penampungan di seluruh kebun serta banyak artefak asli Nias seperti patung megalit dan patung kayu. Pohon-pohon besar yang memberikan keteduhan dan angin laut berarti bahwa kebun selalu sejuk. Ini adalah sebuah oase hijau damai di tengah pusat sibuk kota Gunungsitoli. Karena kecantikan kebun, lokasi ini populer bagi pasangan untuk mengambil foto pernikahan.

museum_pusaka_nias_taman_rekreasi_4Areal kosong yang tersisa, ditanami dengan beberapa tumbuhan obat keluarga (TOGA) yang hasilnya diolah secara sederhana dan digunakan untuk kepentingan banyak orang. Bahkan pada beberapa tahun terakhir, areal ini  dimanfaatkan sebagai sarana belajar bagi para siswa / mahasiswa khususnya yang berkeinginan mengetahui aneka tumbuhan obat sekaligus sebagai upaya memperkenalkan pemanfaatan tumbuhan obat yang merupakan  warisan leluhur yang harus dilestarikan.

Pada hari-hari libur, dijejali oleh banyak pengunjung namun pada hari-hari biasa agak sepi. Suasana alam sangat terasa di tempat ini. Kita masih bisa menikmati terpaan angin semilir, indahnya surya terbit, menyaksikan dan mendengarkan kepak sayap si camar laut yang kadang terbang merendah mencari mangsa, perahu-perahu nelayan yang kembali pulang adalah panorama yang senantiasa mengawali hari.

museum_pusaka_nias_taman_rekreasi_1

Di area Taman Rekreasi ini juga tersedia tempat-tempat yang dapat digunakan untuk berkumpul bersama rekan kerja, keluarga maupun acara-acara resmi kantor, kebaktian padang, retret rohani maupun rekoleksi.

Datang dan nikmatilah nuansa alamnya.


 

FASILITAS MUSEUM

museum_pusaka_nias_atraksi_pameran

PAMERAN. Menampilkan contoh-contoh penting dari koleksi artefak Museum Pusaka Nias.

museum_pusaka_nias_atraksi_cafe

MUSEUM KAFÉ. Menyajikan minuman, makanan ringan dan pilihan hidangan lezat.

museum_pusaka_nias_atraksi_zoo

MINI ZOO. Ada binatang-binatang mamalia, reptil dan burung asli Pulau Nias.

museum_pusaka_nias_atraksi_penginapan

MUSEUM LODGES. Penginapan, termasuk empat rumah adat Nias.

museum_pusaka_nias_atraksi_ruang_pertemuan

RUANG PERTEMUAN.  Empat jenis ruangan sesuai untuk pertemuan, pelatihan dan perayaan.

museum_pusaka_nias_atraksi_taman

TAMAN REKREASI. Termasuk kebun tanaman obat tradisional dan tempat aman untuk mandi di laut.

museum_pusaka_nias_atraksi_perpustakaan

PERPUSTAKAAN. Kumpulan lebih 700 judul literatur tentang Nias.


 

© Yayasan Pusaka Nias 2017. Design by Björn Svensson & Shanti Fowler