Perpustakaan

Museum_pusaka_nias_perpustakaan_logoMuseum Pusaka Nias beroperasi perpustakaan yang mengkhususkan diri dalam buku-buku tentang budaya dan sejarah, terutama tentang warisan Nias. Ada juga berbagai buku lain yang berguna dan menarik. Perpustakaan Museum ini terbuka untuk umum dan telah menjadi referensi yang penting bagi siswa lokal dan para peneliti yang mengunjungi.

perpustakaan_museum_pusaka_nias_2

Perpustakaan ini buka dari Senin – Jum’at pada jam 8 pagi – jam 5 sore.

Martin Georg Hämmerle yang lebih populer dan akrab dipanggil Pastor Johannes, tiba di Nias 1971. Beliau menjadi orang pertama yang sangat menaruh perhatian kebudayaan Nias. Dari hasil kerja keras dan ketekunannya mengumpulkan berbagai data kebudayaan Nias, Ia telah berhasil menerbitkan banyak buku budaya Nias. Ia juga sering dicari oleh orang-orang yang ingin mengenal Nias dan memintanya sebagai nara sumber.

perpustakaan_museum_pusaka_nias_3c

Buku-buku yang di terbit oleh Museum

Pastor Johannes juga berusaha mengumpulkan literatur tentang Nias yang ditulis puluhan, bahkan ratusan tahun yang lalu. Literatur tersebut ada yang asli dan juga fotokopi karena sulit menemukan aslinya dan kini menjadi koleksi Perpustakaan Museum Pusaka Nias yang dapat membantu siapa pun yang ingin belajar tentang Nias.

Sekitar 20 tahun yang lalu, bahkan hingga sekarang, para wisatawan, peneliti, mahasiswa, pelajar dan sebagainya selalu mengalami kesulitan mendapatkan informasi dan referensi  mengenai Nias. Untuk mengatasi kesulitan masyarakat tersebut, maka bersamaan dengan pendirian Museum Pusaka Nias didirikan juga sebuah perpustakaan yang khusus mengoleksi buku-buku mengenai Nias.

Awalnya, koleksi perpustakaan ini hanya disimpan dalam satu lemari, itupun kebanyakan hasil fotokopi dan berbahasa Jerman. Lembaran dan buku-buku tersebut di inventarisir dan pelihara sehingga sekarang masih bisa dipergunakan. Kini, jumlah buku koleksi perpustakaan ini bertambah terus, bukan hanya buku-buku tentang Nias dari berbagai sudut ilmu, tetapi juga buku-buku tetang ilmu pengetahuan yang lain.  Sekarang ini ada 1130 judul buku. Khusus buku-buku tentang Nias sebanyak 328 judul buku. Pengelola perpustakan terus berupaya mencari dan mengumpulkan literatur untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung.


Setiap orang bisa menjadi anggota dan memanfaatkan perpustakaan ini. Syaratnya: menyumbangkan satu buku atau membayar uang keanggotaan. Bagi mahasiswa/pelajar Rp. 25.000. Sedangkan masyarakat umum sebesar Rp. 30.000

Agar buku-buku tidak hilang dan rusak, maka para pengunjung tidak diperkenankan membawa buku-buku ke luar atau ke rumah. Buku boleh difotokopi melalui petugas perpustakaan. Buka dari Senin – Jum’at pada jam kerja (jam 8 pagi – jam 5 sore). Tutup pada Hari Sabtu dan Minggu.

perpustakaan_museum_pusaka_nias_4Perpustakaan ini telah menjadi fasilitas publik terutama para pelajar dan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mau mencari informasi tentang masyarakat Nias dan budayanya, perpustakaan ini menanti anda.

 


 

Publikasi Museum

publikasi_22_buku-niduno

Nidunö-dunö Somasido Urongo. Oleh P. Johannes Hämmerle.

Publikasi_2b_Buku Omo Niha

Omo Niha - Perahu darat di pulau bergoyang. Oleh Nata'alui Duha.

publikasi_6_buku-turia-mazino

Turia Mazinö. Oleh P. Johannes Hämmerle.

Publikasi_1b_Buku Asal usul Masyarakat Nias

Asal Usul Masyarakat Nias - Suatu Interpretasi. Oleh P. Johannes Hämmerle.

publikasi_25_buku-traditional-architercture-nias-island

Traditional Architecture of Nias Island. Oleh Alain M. Viaro dan Arlette Ziegler

© Yayasan Pusaka Nias 2017. Design by Björn Svensson & Shanti Fowler